GEBLEK


22/06/2020 Administrator


Sangat populer di Kulon Progo hingga dijadikan salah satu ikon kulinernya, Geblek merupakan makanan khas dari Kulon Progo yang terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka sehingga memiliki tekstur kenyal. Geblek kerap kali disamakan dengan Cireng, makanan serupa yang berasal dari Sunda, namun perbedaan antara Geblek dan Cireng hanya terletak pada bentuknya, dimana Cireng berbentuk bulat pipih sementara Geblek berbentuk seperti angka delapan.
 
Geblek dibuat dengan bahan dasar yang cukup sederhana, yaitu tepung kanji, bawang putih dan garam. Dalam proses pembuatannya, tepung kanji dikukus terlebih dahulu sampai memadat namun tidak sampai matang, kemudian ditiriskan dan diplintir berbentuk lonjong serta dibumbui dengan garam. Adonan yang telah dibentuk lalu dikukus lagi hingga tekstur adonan menjadi lebih padat dan berat, kemudian ditiriskan lagi dan dibumbui dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Terakhir, adonan dibentuk seperti angka delapan dan digoreng hingga mengembang.
 
Makanan berwarna putih yang memiliki cita rasa gurih asin ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi tidak lama setelah digoreng karena saat masih hangat, Geblek akan terasa kering dan renyah dibagian luar serta kenyal di bagian dalam. Namun saat Geblek sudah dingin akan mulai terasa keras dan sangat alot.
 
Untuk menambah kenikmatan saat menyantap Geblek, biasanya disertai dengan Besengek Tempe Benguk, yaitu tempe lembut yang terbuat dari biji benguk dan diolah menggunakan santan kelapa sehingga memiliki cita rasa gurih, dilengkapi dengan segelas teh hangat manis, menjadikannya kombinasi yang sangat cocok sebagai teman bersantai bersama teman maupun keluarga.
 
Dibalik kesederhanaan, bentuk dan warna Geblek memiliki makna tersendiri, dimana angka delapan berarti toleransi tiada henti, sementara warna putih melambangkan kesucian, sehingga secara keseluruhan Geblek mengajarkan bahwa toleransi merupakan perbuatan suci yang harus terus lestari di dalam kehidupan.
 
Dalam perkembangannya, Geblek telah dikembangkan dengan berbagai kreasi seperti penyajian menggunakan saus sambal, saus kacang, hingga bumbu penyedap rasa seperti keju, berbeku, dan lain sebagainya. Selain itu, makanan ini juga digunakan sebagai motif batik khas Kulon Progo yang dikenal dengan nama Geblek Renteng.
 
Geblek juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena memiliki daya tahan yang cukup lama, sekitar empat hari meski tanpa bahan pengawet. Beberapa tempat yang menyediakan Geblek antara lain :
- GEBLEK MBAH YOL, Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo
- GG (GEBLEK GENDHUK) BOGOWONTO, Pantai Congot dan Pantai Glagah, Kulon Progo
- GEBLEK MBAH TUN TEGALSARI, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo
- GEBLEK SALI, Wates, Kulon Progo
 
 
/AI