COKELAT DI JOGJA


20/06/2020 Administrator


Cokelat di Jogja sudah menjadi salah satu makanan dan minuman khas yang mudah ditemui disamping terdapat beberapa produsen cokelat yang bermunculan baik sebagai industri maupun bisnis rumahan. Cokelat menjadi sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman yang terbuat dari biji kakao.
 
Sejarah Cokelat Dunia
Catatan sejarah Cokelat, dengan ditemukannya bji kakao pertama kali pada tahun 1750SM zaman peradaban Olmek dan Maya di Meksiko yang memanfaatkannya sebagai minuman, pengobatan dan bagian dari ritual upacara, bahkan Suku Aztek menggunakan biji kakao sebagai mata uang. Cokelat dibawa ke Eropa pada tahun 1520 yang kemudian mengembangkan berbagai peralatan untuk mengolah biji kakao menjadi cokelat, mulai dari mesin penggiling cokelat kakao, cara memisahkan lemak dengan bubuk kakao, hingga menjadi minuman yang mudah diseduh. Beberapa tokoh dan perusahaan Eropa yang mengembangkan industri cokelat antara lain Carl von Linne, Coenradd van Houten dari Belanda, J.S. Fry & Sons, Cadbury darai Inggris, Etienne Guittard dari Amerika, Daniel Peter & Henry Nestle dari Swedia, Rudolf Lindt dan Jules Sechaud. Saat ini di Eropa dan Amerika, cokelat juga digunakan sebagai pelengkap tradisi memperingati hari Valentine, saat Paskah dan Haloween.
 
Sejarah Cokelat di Indonesia
Sekitar tahun 1500an kakao ditanam di Sulawesi Utara dan baru 300 tahun kemudian ditanam di Jawa dan berkembang pesat pada tahun 1938 dimana terdapat 29 perkebunan cokelat di Indonesia, hingga saat ini menjadi produsen kakao nomer tiga di dunia.
 
Proses Pembuatan Cokelat
Cokelat berasal dari tumbuhan kokoa yang dipetik buahnya setelah berwarna merah muda, yang kemudian diperam selama tujuh hari agar kematangannya merata ini kemudian buahnya dipecah untuk mengeluarkan biji kakaonya, lalu difermentasi selama 4-5 hari untuk mengurangi lendir buah, kemudian dicuci dan dikeringkan dengan cara dijemur selama tiga hari atau dioven agar tidak berjamur. Tahap selanjutnya biji kakao dipanggang agar matang dan kemudian dipecah untuk mengeluarkan biji kakao yang disebut nib.
Nib kemudian dihaluskan untuk menghasilkan pasta kental cokelat, yang disebut cocoa mass dan dipress untuk memisahkan antara cocoa butter (mentega cokelat) dan cocoa powder (bubuk cokelat).
Untuk menjadikan cokelat bar, dilakukan conching atau penambahan mentega kakao dengan gula dan vanili serta ditekan hingga butiran partikel cokelat menjadi halus dan bisa lumer di mulut, selanjutnya dicetak sesuai kebutuhan dan dikemas.
 
Jenis Cokelat
Beberapa jenis cokelat yang diproduksi antara lain: (1) Milk atau susu cokelat yang mengandung susu, selain mengandung minyak nabati, gula dan vanila; (2) White atau cokelat berwarna putih atau kuning pucat, yang terbuat dari lemak kakao dengan gula dan susu; (3) Dark atau cokelat hitam yang rasanya pahit, karena kandungan kokoanya lebih banyak dibanding dengan bahan lainnya, yang mengandung antioksidan seperti polifenol dan relatif rendah gula serta dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol dan meningkatkan kognisi mental; (4) Compound merupakan kombinasi antara lemak nabati dan gula dengan sedikit bubuk kokoa, sehingga rasanya lebih manis ini biasanya digunakan untuk dekorasi kue; (5) Couverture, merupakan cokelat kualitas tinggi sehingga lebih lembut dan berkilau ini biasanya dicairkan dan digunakan sebagai celupan, garnis atau lapisan luar kue; (6) Ruby merupakan cokelat yang tidak dibuat melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan warna merah muda dan ungu, dengan rasa yang manis dan asam.
 
Manfaat Coklat untuk Kesehatan
Cokelat dinilai memiliki kandungan yang cukup baik untuk kesehatan, antara lain (1) Melancarkan Aliran Darah; (2) Mencegah Diabetes; (3) Mengurangi Depresi; (4) Meningkatkan Kemampuan Otak dan (5) Menangkal Radikal Bekas.
 
 
COKELAT DI JOGJA
Dapat diperoleh di:
COKELAT MONGGO, Jl. Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta
COKELAT TUGU, Jl. Tegalgendu No.31, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta
COKELAT NDALEM, Jl. Bhayangkara No.23, Ngupasan, Yogyakarta
TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN NGLANGGERAN, Nglanggeran, Gunungkidul
 
KAFE COKELAT DI JOGJA
CHOCO PLATE, Jl. Gambir No.8, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman
COKLAT KAFE, Jl. Cik Di Tiro No.19, Terban, Yogyakarta
SECRET GARDEN COFFEE AND CHOCOLATE, Jl. Amri Yahya No.2, Wirobrajan, Yogyakarta
 
 
/HJ