WILAYAH DAN PEMERINTAHAN DIY


Administrator


WILAYAH
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) terletak di bagian selatan Pulau Jawa yang dibatasi oleh Provinsi Jawa Tengah dengan Kabupaten Purworejo di Barat, Kabupaten Magelang di Barat Laut, Kabupaten Boyolali di Timur Laut, Kabupaten Klaten di Timur dan Kabupaten Wonogiri di Tenggara, serta Samudera Hindia di bagian Selatan, dengan luas 3.185,80 km2.
 
DIY merupakan daerah setingkat provinsi, yang mempunyai wilayah kabupaten dan kota, dengan beberapa wilayah Kecamatan dan Kelurahan/Desa di bawahnya.
 
Wilayah DIY meliputi:
1. Kabupaten Bantul (di bagian selatan), dengan 17 Kecamatan dan 75 Desa
2. Kabupaten Gunung Kidul (di bagian timur), dengan 18 Kecamatan dan 144 Desa
3. Kabupaten Kulon Progo (di bagian barat) , dengan 12 Kecamatan serta 1 Kelurahan dan 87 Desa
4. Kabupaten Sleman (di bagian utara) , dengan 17 Kecamatan dan 86 Desa dan
5. Kota Yogyakarta (di bagian pusat/tengah wilayah), dengan 14 Kecamatan dan 45 Kelurahan.
 
 
PEMERINTAHAN
DIY dipimpin oleh Gubernur dan Wakil Gubernur didampingi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY.
Kabupaten dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati didampingi serta Kota dipimpin oleh Walikota dan Wakil Walikota didampingi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota.
 
Berdasarkan Keistimewaan DIY, sejak tahun 2020 penyebutan wilayah dan pemimpin wilayah kecamatan dan kecamatan/desa disesuaikan, sebagai berikut:
Di Tingkat Kabupaten: Wilayah Kecamatan disebut Kapanewon yang dipimpin oleh Panewu dan wilayah Desa disebut Kalurahan yang dipimpin oleh Lurah.
Di Tingkat Kota: Wilayah Kecamatan disebut Kemantren yang dipimpin oleh Mantri Pamong Praja dan wilayah Kelurahan disebut Kelurahan yang dipimpin oleh Lurah.